Struktur Sistem Komputer dan Manusia


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum


Jujur, saya bukanlah orang yang pintar dalam ilmu sastra dan tidak pula pintar dalam merangkai kata – kata, menulis indah apalagi memakai bahasa – bahasa kiasan yang menghanyutkan qalbu. Saya seorang yang ingin berbagi cerita, hanya saja saya tak tau mau kepada siapa saya harus bercerita dan bagaimana cara bercerita serta menyampaikannya dengan baik.

Kawan, pernah tidak kalian memikirkan persamaan Struktur Komputer dengan Struktur Kerja Manusia. Nah, saya mau berbagi nih buat kalian. Semoga bermanfaat y. ^_^

Secara global Komputer adalah sebuah sistem yang kompleks dan terdiri dari jutaan komponen elektronik dasar serta memiliki proses logika yang sangat rumit.
Sedangkan arti “struktur” adalah Suatu cara bagaimana komponen komponen saling berhubungan satu sama lain.

Dalam Struktur Komputer  terbagi dari 4 Bagian, Yaitu
1. Movement
2. Processing
3. Storage
4. Control

     1.   Movement = Niat

Movement yang berarti “pergerakan”, yang berperan dalam hal ini adalah I/O Device (I/O = Input/Output) dimana Periferal tersebut merupakan  awal dari sebuah proses Struktur Komputer.
Contoh Input Device : Keyboard, Mouse, barkode, dll
Contoh Output Device : Printer, Monitor, Infocus, dll
Bila kita kaitkan dengan Manusia Input Device dalam Struktur Movement ini bisa disebut dengan “Niat”, tanpa niat apakah pekerjaan kita bisa kita selesaikan? Adakah proses Ikhtiar bisa terlaksana bila tak ada Niat?. Yang ada Nihil dan tidak karuan bila suatu proses kerja tanda dilandasi dengan niat.
Sedangkan Output Device dalam Struktur Movement bisa dikatakan dengan “Hasil kerja”, Niat dan Hasil kerja sangat berhubungan erat satu sama lain. bagaimana tidak, bila kita meniatkan suatu hal kebaikan maka hasil kita dapat pasti kebaikan pula yang akan kita peroleh, sebaliknya bila niat buruk yang kita pikirkan makan keburukan itu pula yang akan kita peroleh.

 2.  Processing = Proses

Processing ini adalah tahap implementasi tahap Movement, dimana yang sangat berperan penting disini adalah CPU ( Central Processing Unit ) atau sering juga disebut  dengan Processor.
Processor dibagi 3 Bagian, yaitu :
  1. ALU ( Aricmatic Logic Unit ), yaitu bagian ini mengatur dan memproses Logika serta perhitungan dalam system computer.
  2. Interkoneksi / Floating Point, yaitu semacam Cache Memori ( yaitu memori yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi hanya saja kemampuan ini terbatas karena memori yang dimiliki hanya 32 bit dan 64 bit saja.
  3. CU ( Control Unit ), bagian ini berperan sebagai pengontrol semua proses yang dikerjakan ALU
Kita perlu tau, dalam proses computer dalam 1 tombol di keyboard ( misal kita ambil contoh tombol huruf A ) bisa menggunakan perhitungan digital yang begitu rumit, karena Computer termasuk jenis benda Elektronika, yaitu benda ini hanya mengenal angka “1” dan “0” saja. Pernah nonton film Matriks kan? Nah itulah gambaran system Processing Komputer. Kalau saya ambil contoh cara perhitungannya takut pembaca ga bisa tidur. Hehehehe ^_^
Nah, Otak kita pun memiliki Fungsi yang sama dengan Processing. coba kita kembali buka buku pelajaran IPA, Otak Memiliki 3 bagian, yaitu :
  1. Otak Kiri berfungsi dalam hal logika, rasio, menulis dan membaca, dll
  2. Otak Kanan berfungsi dalam hal emosional seperti berosialisasi, berinteraksi, dll
Hanya saja, Otak memiliki juga Kemampuan untuk mengingat semua yang pernah Manusia Lihat, dengar serta rasakan. Sedangkan Processing dalam system komputer hanya sebagai pengolah data saja dan tidak terpisah Fungsinya dengan Storage.

     3.  Storage = Memori ( Ingatan )
 Storage yang berarti “Media Penyimpanan” yang berfungsi sebagai media penyimpan data – dat yang telah dibuat dalam komputer untuk dapat dicari dan diperbarui nantinya bila kita membutuhkannya kembali.
sama halnya dengan computer, manusia juga mempunyai media penyimpanan yaitu “Otak”. “Otak” disini sebagai tempat semua proses Gerak Manusia termasuk juga media penyimpanan memori apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan serta tempat dimana kita mengingat  semua kejadian yang pernah kita alami. Jadi, dengan kata lain storage dengan Otak tidak jauh bedakan fungsinya?.
Coba kita Renungkan bagaimana jadinya ya kalo kita hidup tanpa Otak? Bagaimana kita bila Kehilangan Ingatan? Wihh bisa berabe tuh urusannya. ckckckck
Itulah Nikmat Rabb yang telah diberikan kepada kita. Dialah Sang Kreator Ulung tiada yang bisa menyainginya. SubhanAllah.

     4.  Control = Hati

Apa yang kalian pikirkan tentang unit terpenting ini? Bisa disamakan dengan system manusia, bagian apakah itu?
Control yang artinya “Mengatur / Mengendalikan” adalah Unit yang paling penting dalam sebuah system Computer, tanpa unit ini system kerja Computer tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, bahkan bisa Menjadi Error Sistem. “Control” disini adalah Device yang mengatur jalur proses 
" Movement ( input ) à Processing à Storage à Movement ( Output )."
Alat yang digunakan dalam system computer untuk mengendalikan / mengatur proses ini yaitu Kabel Bus, seperti ini bentuknya.
Kabel Bus ATA

Ini jenis Kabel Bus ATA, biasanya digunakan pada computer generasi Pentium 1 sampai Pentium 4, sedangkan jenis Kbael SATA digunakan Pentium Generasi setelah Pentium 4, contohnya yang menggunakan Processor Intel Celeron, Intel Dual Core, Intel Core i3, i5, i7, dll. Ini bentuknya 
Kabel Bus SATA
Sekarang kita bahas apa hubungannya Control dengan Hati?
Otak yang mengirimkan sinyal (Movement Input) untuk melakukan sesuatu kepada anggota tubuh (processing) untuk melakukan yang diperintahkan Otak, tetapi sebelumnya Otak Mengirimkan sinyal ke “hati” ( Control ) untuk menentukan bahwa niat ini Baik Apa tidak? (Konsultasi sama yang Ahli Dulu, hehehe) nah barulah Baru Dikerjakan Sebagaimana yang telah diniatkan Oleh Otak. Ketika anggota tubuh sedang Mengerjakan Tugas dari Otak, Otak Juga Yang merekam dan Mengingat (Storage) apa yang telah dikerjakan Manusia. Setelah Tugas yang diberikan Otak Pada Anggota Tubuh Selesai dan mengingat apa yang dikerjakan, Barulah kita bisa melihat hasilnya (Movement Output). Buruk Baiknya Hasil tergantung Niatan Kita Pada Otak Ini. J

Nah, setelah teman – teman membaca penjelasan diatas, kita tarik kesimpulan bahwa Sistem Komputer tidak jauh beda dengan system kerja Manusiakan? J

Untuk lebih jelasnya saya gambarkan Diagram Struktur Sistem Komputer dengan Struktur Sistem Manusia,
Diagram Struktur Sistem Komputer

Diagram Struktur Sistem Manusia


Terima kasih kawan sudah menyempatkan waktunya untuk membaca tulisan saya, semoga ada manfaatnya.

Barakallahufikum,
Wassalamualaikum

0 Komentar:

Posting Komentar